Kapolda Sumut Launching Penanaman Sejuta Pohon di Tongging

Kapolda Sumut Irjen Pol Agus Andrianto melaunching penanaman sejuta pohon di Tongging, Kecamatan Merek, Kabupaten Karo, Selasa (15/10).

Hal ini dilakukan untuk pelestarian lingkungan di wilayah sekitar Danau Toba. Penanaman pohon itu akan dilakukan bertahap, sehingga masyarakat yang berada di sekitar Danau Toba mendapatkan manfaatnya.

Kapolda Sumut, Irjen Pol Agus Andrianto mengatakan, kerusakan alam akibat perbuatan manusia tidak akan bisa diperbaiki, tanpa adanya upaya pelestarian atau memperbaiki kerusakan alam. "Maka kami kumpulkan puluhan perusahaan di Sumut untuk bisa berkontribusi menyiapkan satu juta lebih bibit yang produktif bagi masyarakat misalnya pohon macadamia bisa mencegah kebakaran dan kacangnya bisa dijual. Ini menjadi alternatif bagi masyarakat untuk memanfaatkan program reboisasi," katanya.

Hal ini sekaitan dengan pemerintah telah menetapkan Danau Toba sebagai daerah pariwisata super prioritas. Maka penanaman sejuta pohon ini diharapkan dapat membawa manfaat, tak hanya bagi pariwisata Danau Toba tapi juga masyarakat yang ada di sekitar kawasan Danau Toba. "Danau Toba luar biasa indah. Banyak yang bisa kita nikmati keindahan alamnya. Danau Toba di wilayah ini telah memberikan kontribusi buat perekonomian di sekitar kawasan Danau Toba," katanya.

Dalam kesempatan itu, Dirreskrimsus Polda Sumut, Kombes Pol Rony Samtana menjelaskan penanaman sejuta pohon untuk menindaklanjuti penetapan kawasan Danau Toba sebagai kawasan prioritas pariwisata dunia. Untuk memastikan keberlanjutan program ini, maka Polda Sumut sepakat bibit yang ditanam yang bernilai ekonomis dan produktif, sehingga dapat menggerakkan ekonomi masyarakat seperti bibit pohon macadamia, durian, mangga, alpukat, jengkol, pete, aren, bambu, manggis.

Selain itu, setelah bibit ditanam, maka pihaknya menyiapkan mekanisme pengawasan yakni pengawasan menjadi tanggung jawab Kapolsek dan camat di masing-masing kabupaten. Sedangkan yang menjadi mandor yakni Bhabinkamtibmas dan kepala desa.
Usai launching penanaman sejuta pohon, Kapolda Sumut meninjau bakti kesehatan yang dilaksanakan di Desa Tongging, Kecamatan Merek, Karo.

Acara tersebut dihadiri Bupati Karo Terkelin Brahmana serta Kepala OPD jajarannya, Kapolres Karo AKBP B Hutajulu beserta Kapolsek jajaran, Ketua DPRD Karo Iriani Br Tarigan dan Ketua DPRD Sumut Baskami Ginting.

0 Comments

Leave a reply

your email address will not be published. required fields are marked *

Nama *
Email *
Website