Rapat Strategi Percepatan Pengarusutamaan Gender (PUG)

Inpres Nomor 9 Tahun 2000 mengamanatkan seluruh Kementerian/Lembaga dan Pemerintah Daerah untuk melaksanakan
strategi Pengarusutamaan Gender (PUG) dalam pencapaian tujuan pembangunan nasional yang adil dan merata bagi seluruh masyarakat untuk mewujudkan kesetaraan gender.
Untuk mendukung program Pengarusutamaan Gender, Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak c.q. Deputi Bidang Kesetaraan Gender menyelenggarakan Rapat Koordinasi Teknis PUG Daerah Provinsi Sumatera Utara pada Kamis, 23 Juni 2022 di Hotel Le Meridien Jakarta, dimana Kepala Bappedalitbang Kab. Karo yaitu Bpk. Ir. Nasib Sianturi, M.Si menjadi salah satu Narasumber selaku Ketua Pokja PUG Kab. Karo dengan materi
Praktik baik PUG di Kabupaten Karo. Kegiatan tersebut diikuti oleh Perangkat Daerah Strategis Percepatan PUG di Kab Karo yakni
Kepala Dinas DPPPA&PPKB, Kepala Dinas Kesehatan, Perwakilan dari Dinas Pendidikan, Inspektorat, Bag. Hukum Kab. Karo, dan Kepala Bidang Pemerintahan dan Pembangunan Manusia Bappedalitbang Kab. Karo Ibu Nensi Septina br Perangin-angin, SE.
Kabupaten Karo terpilih menjadi Piloting percepatan PUG karena melihat indikator Indeks Pemberdayaan Perempuan /Indeks Development Gender (IDG) yang menunjukkan perempuan dapat memainkan peranan aktif dalam kehidupan ekonomi dan politik merupakan Kabupaten dengan IDG yang paling tinggi di Sumatera Utara. IDG Kabupaten Karo mencapai sebesar 81,53 indeks, dengan posisi berada diatas IDG propinsi Sumatera Utara dan IDG Nasional.

Leave a reply

your email address will not be published. required fields are marked *

Name *
Email *
Website